Latest News

Ohanami and Journey to Matsumoto (Spring 2017)

Wisata ke Matsumoto - Bulan lalu pada saat puncak musim semi kami pergi ke Matsumoto. Tur yang sebenarnya adalah wisata misteri Ohanami by Hikmah Tour :P . Saya pribadi sudah pernah sekali ke Matsumoto, tapi itu hanya lewat mampir numpang di stasiunnya pada saat ikut Monitor Tour jalur wisata baru Kanazawa - Shirakawa-go - Takayama -Kamikochi - Matsumoto (lanjut Nagano or ke Gifu/Nagoya).

Sebelum pergi, seperti biasa kita mengenali tujuan dulu hehe.. ternyata untuk mencapai Matsumoto dari Kanazawa jika naik kendaraan umum ada pilihan menggunakan kereta ataupun bis, atau gabungan dari keduanya.
  1. Jika menggunakan kereta kita bisa ambil jalur shinkansen Kanazawa-Nagano, lalu pindah ke JR Shinano tujuan Matsumoto. Total perjalanan adalah 2 jam 46 menit dengan biaya 11.090 Yen sekali jalan.
  2. Jika memilih jalur bis dari Kanazawa menuju Matsumoto kita bisa pilih jalur melalui jalur Takayama, atau memutar melalui Toyama atau Nagoya. Jika menggunakan jalur  Kanazawa-shirakawago - Takayama - Matsumoto kita menggunakan 2 line bis. Pertama dari Kanazawa ke Takayama menggunakan Nouhi Bus (perjalanan 2 jam 15 menit dengan biaya 3.390 yen), dilanjutkan Takayama - Matsumoto (perjalanan 2 jam 47 menit dengan biaya 3.190 yen), dengan total sekitar 6.580 yen sekali jalan. jalur Toyama dan Nagoya silahkan di googling :)
  3. Jika ingin coba shinkansen ditambah bis, bisa mengikuti jalur Kanazawa - Nagano via Shinkansen Kagayaki (perjalanan 1 jam 5 menit dengan biaya 9.160 yen), dilanjutkan bis dari Nagano showadori - Matsumoto yang menempuh perjalanan selama 1 jam 26 menit dengan biaya 1.200 yen), total sekitar 10.360 yen sekali jalan.
Kalau kami kemarin kesana via jalur rombongan, hanya butuh 5.500 yen saja pulang-pergi dengan mobil full music, karaoke facility dan makanan.... :P.

Nah sekarang saya ceritain perjalanannya ya, pagi2x kita kumpul di spot gathering andalan... parkiran sekitar Aeon Morinosato hehe.. kamera siap, baterai siap, makanan ok, alas duduk mantap, tripod... (ga jadi bawa.. berat).. dan yang ga boleh dilupakan... dompet kata mbak Hikmah. Perjalanan dengan 1 mobil dan 1 minibus hari ini lewat jalur jauh nan memutar.. lewat Nagano tidak lewat Takayama karena faktor jalur yang memang mungkin berbahaya bagi yang tidak biasa. Menurut si mbah google, perjalanan Kanazawa - Matsumoto via Nagano ini sekitar 317 km dengan waktu tempuh kira2x 4 jam kurang standar orang Jepang, mungkin kalo supirnya orang Medan bisa lebih cepet... (v)

Sepanjang perjalanan saya banyak molor :P, tapi karena itu adalah musim semi, dan kita menuju matsumoto yang berada di tengah Jepang, melewati Nagano yang terkenal dengan Japanese Alps juga sayang kalo tidur trus :v. Japanese alps di musim semi memang keren... sayang kaca mobil gelap, so foto pun pasti useless makanya saya enggan jepret2x.

Mengenal kota Matsumoto di Prefektur Nagano
Matsumoto sendiri menurut sejarahnya dalah kota di pegunungan yang dulunya juga merupakan jalur dari Kyoto-Nagoya menuju arah utara Jepang ataupun ke Tokyo via tengah jepang. Serupa seperti kota Nakatsugawa di Perfektur Gifu. Ada banyak spot terkenal di Nagano yang umumnya adalah natural wonder scenery, di Matsumoto sendiri yang terkenal tentu adalah Matsumoto Castle atau terkenal dengan nama "Crow Castle" karena warna dindingnya yang black-doff, di dekah Castle juga terdapat Nakamichi-dori atau jalan yang banyak terdapat bangunan rumah kuno dan pusat dagang atau cinderamata. Jalan2x seperti ini sangat umum di kota-kota wisata Jepang, seperti di kota Takayama juga ada jalan seperti ini, ataupun di Kanazawa seperti di Higashichaya, Nishichaya, Kakinobatake, dsb.

Matsumoto Castle 松本城
"Crow Castle" adalah castle yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Jepang. Menurut wikipedia, Matsumoto Castle bersama Himeji Castle dan Kumamoto Castle adalah Japan premier historic castle. Matsumoto castle sendiri katanya belum pernah dipugar semenjak dibangun di akhir abad ke 16. Informasi tentang Matsumoto Castle ada di link ini https://en.wikipedia.org/wiki/Matsumoto_Castle
daripada saya menjabarkan keindahan Castle ini, lebih baik foto yang mewakili ya.. hehe.
Yang jelas ini adalah kastil favorit saya selama ini untuk foto2x, kanal yang lebar disekitar danau membuat kita bisa ambil foto dari agak jauh untuk menangkap landscapenya, dan karena danaunya luas juga, jadi foto yang kita ambi bisa bebas dari polusi kepala orang yang nongol tiba2x ketika lagi asik2xnya atur komposisi dan pretjepret!

berikut adalah foto-foto pengabadian tour misteri Matsumoto Castle in Spring 2017

Tur wisata dan Ohanami yang berkesan.. luar biasa.. dan setidaknya saya sekarang bisa contreng ceklis Matsumoto sebagai kota yang pernah saya kunjungi .. bukan hanya kota yang pernah dilewati.... terima kasih kepada mbak Hikmah, Pak Matsui dan semua kawan2x PPI :)

selanjutnya mau kemana kita??  Ikimashouuuuuuuuuuuuuuuuuu........

1 Response to "Ohanami and Journey to Matsumoto (Spring 2017)"