Latest News

Parade 1100 Pemadam Kebakaran Kanazawa di Kanazawa Castle

Parade 1100 Pemadam Kebakaran Kanazawa di Kanazawa Castle -  Hari ini tanggal 11 Januari 2015, kami iseng-iseng jalan jalan ke Kanazawa Castle. Emang udah niat sih nonton parade Pemadan Kebakaran disana yang memang rutin diadakan setiap awal tahun di Kanazawa Castle.

Acara utamanya ya mungkin hanya upacara, dan atraksi Kaga-Tobi, dan juga ada adegan terlarang pria pria bercawet maen aer..kqkq. Ga ada yang istimewa sih, seperti upacara dan parade biasa saja. Namun keinginan untuk menjaga warisan budaya leluhur itu sangat luar biasa. Sebelum membahas reportase saya di acara tersebut, ada baiknya mengenal dulu apa itu parade PMK dan Kaga-Tobi.

Kaga-Tobi adalah pertunjukan akrobatik yang dilakuan oleh para pemadam kebakaran yang ditugaskan di kediaman Maeda pada jaman Edo sekitar abad ke 18. Tugas pemadam kebakaran pada waktu itu adalah untuk meruntuhkan rumah-rumah yang saling berdempetan agar api tidak menjalar lebih jauh. Mereka dibekali kemampuan akrobatik untuk menjalankan tugas tersebut. Mirip dengan atraksi Lais di ranah garut lah, cm ini menggunakan tangga.

Biasanya parade pemadam kebakaran di kanazawa itu diadakan di kastil kanazawa, dan dihadiri lebih dari 1100 pemadam kebakaran sukarela. Ya di Jepang memang selain petugas pemadam kebakaran, juga terdapat relawan yang ditempatkan di daerah2x, mungkin kalo di kita ada relawan PMK tingkat desa/RW kali ya.

Nah balik ke reportase, dateng pagi pagi sekitar jam 10, upacara sudah dimulai. Dan cuaca hari ini hujan.. ujan setelah salju itu.. sesuatu haha. Semua tangan dan kaki ini serasa beku. Masuk ke areal acara, wah dah rame aja... hujan2x begini tetep ramai.. dan salutnya kegiatan tetep jalan.. mao hujan deres yang membuat suhu 1 derajat serasa -10 ini tetap berjalan. Kami aja yang nonton berjaket bin berpayung serasa dingin luar biasa. Mereka di lapangan, berjaket, berkaos, bahkan ada yang cuma bercawet :P.


Setelah Upacara pembukaan, atraksi Kaga-Tobi dilaksanakan, pas banget pas acara ini berjalan.. hujan angin mendera... sebagian penonton menyingkir mencari spot nonton lain. Kebayang gmana itu yang lagi atraksi diatas bambu, pakaian tipis, angin, hujan... brrrrrrrrrrr....

Ga cukup sampai disitu, karena shafa terlihat kedinginan, kita cari spot nonton yang lebih tinggi. Pindahlah ke dinding kastil.. nah dari sini lebih luas pemandangannya, cm tidak terlalu jelas. Atraksi kedua saya gataw namanya, cuma ini lebih ekstrem lagi (dingiinya), sekumpulan pemadam kebakaran bercawet memegang selang pemadam sekaligus memainkannya. miripAir mancur menari versi manual :P . Yang ini bener2x bikin saya yang nonton menggigil.. ngebayangin gmane rasanya tu orang2x di lapangan ga pakek baju, maen aer hujan2xan, angin pula -_-



Selesai acara itu, penonton pun bubar.. sebagian ke pusat souvenir sekitar kanazawa castle yang bersebelahan dengan taman terkenal di Jepang.. Kenrokuen Garden ... (kapan kapan ya mampir ke kenrokuen, kalo hari ini dah kedinginan hehe.. Kenrokuen ramainya dan bagus buat spot foto di saat salju dan musim semi...).

Jalan dari Kanazawa Castle kita ke Kohrinbo, itu pusat perbelanjaan.. disana cm mao cari bakery terkenal. German Bakery... dan emang.. enak (y). perjalanan lanjut ke Omichou Fish Market.. tapi nanti aja ah di artikel terpisah.

Perjalanan hari ini..
Dingin
Dingin
Dingin.....

1 Response to "Parade 1100 Pemadam Kebakaran Kanazawa di Kanazawa Castle"