Latest News

Mencari dan Mengenal Kode Apato di Jepang

Tinggal atau pindah ke kota baru apalagi ke negara baru memang sulit, banyak sekali tantangannya, dan mencari tempat tinggal hanyalah salah satu diantaranya. Semoga artikel tentang Apato di Jepang ini dapat sedikit membantu bagi anda yang ingin tinggal atau pindah ke Jepang, khususnya daerah Kanazawa.

Kanazawa sendiri adalah kota kecil yang merupakan ibukota perfektur Ishikawa di pantai barat Jepang. Kotanya kecil, tidak terlalu crowded, memiliki 4 musim yang ekstrem, dan tentunya sangat cocok untuk tempat tinggal. Kanazawa sendiri adalah salah satu kota tujuan utama pembelajar Indonesia, di tahun 2015 ini saja tidak kurang dari 30 mahasiswa Indonesia dari S1-S3 akan tiba di Kanazawa pada akhir september/oktober nanti. semoga artikel ini dapat sedikit membantu.

apato di kanazawa
Daerah Tempat Tinggal Sekitar Kanazawa University
 
Jenis Apato di Jepang.
Secara garis besar, apato di jepang terbagi dalam apato Single dan Family.
1. Apato Single 
Biasanya berukuran 1 R atau 1 K, maksudnya adalah 1 ruangan tidur beserta dapur. Ukuran standarnya adalah sekitar 20 meter persegi. didalamnya sudah termasuk ruang tidur, toilet, kamar mandi dan dapur (beberapa memiliki sunroom)

2. Apato Family
Biasanya apato family diberikan kode2x seperti 1DK, 1LDK, 2K, 2DK, dan 2LDK.
Ukuran standarnya 40 meter persegi atau lebih.
Untuk lebih mengenal istilah tersebut, harap pahami legenda dibawah ini
R = Room/tempat tidur/Ruangan
K = Kitchen/Dapur
L = Living room
D = Ruang Makan (biasa menyatu dengan dapur)

Jadi misal ada penawaran apato 2DK, artinya adalah apato itu memiliki 2 Kamar, 1 Ruang makan dan 1 Dapur.
Lalu misal ada 2LDK, berarti memiliki 2 kamar, 1 ruang keluarga, 1 dapur dan 1 ruang makan.
Lalu mungkin ada 3K yang berarti 3 kamar dan 1 dapur.

Harap diperhatikan bahwa ofuro atau toilet dan kamar mandi sudah pasti ada di setiap apato. kecuali apato jenis sharing house. Jadi jangan nanya, apato saya kamar mandi didalem ape di luar??
nanti di jawab kamar mandi didalem, tapi kasur di luar gimane? qkkqkqkq..


Mencari Apato di Kanazawa
Bagaimana mencari apato di kanazawa sedangkan kita masih di Indonesia? ya memang dari pihak kampus biasanya memberikan pilihan untuk tinggal di asrama terlebih dahulu, dan kalaupun tidak ingin tinggal di asrama, pihak kampus pun memberikan beberapa option apato dari agen perumahan untuk disewa. Namun biasanya yang ditawarkan adalah apato single.
Nah gmana yang niat kesini bareng keluarga dan ingin sekalian ke apato family?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, pertama adalah tentunya mencari informasi target apato yang akan kita sewa, dan ini bisa dilakukan secara online dari Indonesia.
Di Kanazawa terdapat beberapa agen perumahan besar seperti Noka, Urbanhome, dan Anpanman dan juga banyak agen kecil seperti Akane dan atau perorangan.
Cara paling mudah adalah mengunjungi website2x agen tersebut seperti
Noka http://chintai.noka.co.jp
Urbanhome http://www.urbanhome.co.jp
Anpanman https://www.apamanshop.com/ishikawa/

Atau anda juga dapat menggunakan fitur pencarian di situs http://suumo.jp . suumo sendiri adalah situs realty agent yang mirip dengan tokopedia, bukalapak, dsb. namun memfokuskan diri pada penawaran sewa/jual beli apato di Jepang.

PS: Sangat mungkin banyak apato yang tidak di iklankan secara online. Sangat disarankan untuk karyasiswa yang akan datang ke Kanazawa untuk menggunakan fasilitas Dormitory sambil mencari apato yang cocok sebelum memutuskan pindah kontrak ke apato pribadi.

Beberapa hal yang mungkin dapat membantu filtering jenis apato yang anda inginkan adalah sebagia berikut :
1. Letak
ada beberapa spot perumahan yang bisa dicari disitu, untuk area kanazawa university, biasanya ada derah Wakamatsu, Morinosato, Asahimachi, Kodatsuno, Tagami, Suzumidai, dan Okuwa. selain itu ada Sakuramachi, Taimachi, dsb yang agak jauh.
Mahasiswa Indonesia biasanya di Asahimachi, Wakamatsu dan Morinosato utnuk yang kampus Kakuma, dan Kodatsuno dan Ishibiki untuk kampus Takaramachi. Pemilihannya adalah karena jarak relatif dekat dan bisa ditempuh dengan sepeda dan atau jalan kaki.

Harap dicatat bahwa kampus Kakuma itu diatas bukit, sedekat apapun dengan kampus, jika naik sepeda membutuhkan stamina yang super, tapi bagus untuk diet dan kesehatan hehe.

2. Harga
Anda bisa memasukan harga apato maksimal dalam pencarian, sesuaikan dengan budget.

3. Fasilitas
Bisa juga menambahkan fasilitas yang disediakan seperti lift, sunroom, jenis toilet, dsb dalam pencarian jika 2 filter diatas tidak cukup (letak dan harga).

setelah itu klik search, maka hasil pencarian akan muncul.
Harap perhatikan jenis2x apato berdasarkan ruang (LDKR) dan luas apato seperti yang dijabarkan diatas, jangan hanya fokus pada harga. Karena merasa menemukan apato murah 20rb Yen anda tidak perhatikan luas ruangan yang cm 20meter persegi misalnya, sedangkan anda ingin membawa keluarga.

Sekilas Informasi kisaran Harga Apato di Kanazawa
Berikut adalah kilasan harga apato di Kanazawa yang saya tahu berdasarkan letak.
Untuk Asahimachi, seperti apato saya yang ukuran 2DK itu harganya 40rb Yen. Fasilitas didalamnya adalah Sunroom, toilet elektrik, AC/Heater, Flooring, Kitchen, Dining dan 2 Kamar. Jelasnya bisa anda lihat di link ini Apato di Jepang

Secara rata2x harga apato Family sekitar Asahimachi adalah 35rb Yen  - 55rb Yen (lebih mahal banyak, hanya ini adalah yang dihuni orang Indonesia yang saya taw).

Untuk Wakamatsu dan Morinosato agak lebih mahal, karena mereka lebih dekat ke kampus dan pusat belanja Aeon. Informasi saja, jarak asahimachi ke Wakamatsu/Morinosato hanya 1 kilometer.

Untuk wilayah Kodatsuno dan Ishibiki yang merupakan tempat tinggal Mahasiswa yang kampusnya di Takaramachi, itu lebih murah biaya sewanya.

Semoga membantu :)

1 Response to "Mencari dan Mengenal Kode Apato di Jepang"