Latest News

Sensei, "Ingat, Anak Anda Ke Jepang Ikut Orang Tua nya"

Teringat kesan pertama ketika ke Jepang, tepatnya ketika pertama kali ke Izumi Junior High, tempat dimana semua anak expatriat (ceileee expat ni yee) mendapatkan pelajaran tambahan Bahasa Jepang wajib diluar sekolah yang jam belajarnya mengambil jam pelajaran sekolah.

Waktu itu Mitamura Sensei berkata, "Ingat ya, Anak Anda kesini tuh karena ikut orang tua nya, bukan karena keinginan sendiri. Jadi harus bertanggungjawab". Jlebbb.... emang sensei yang ini suka ceplas ceplos, tidak seperti kebanyakan orang Jepang. Tapi benar apa yang dikatakan Sensei, anak2x expat kemari itu karena memang ikut orang tuanya, bukan karena mereka yang belajar ke Jepang. Jadi dari awal mungkin sensei dah mewanti-wanti.. hati2x jangan sampai mengabaikan perawatan, kesejahteraan dan pendidikan Anak.

Pada interview pertama itu dah shock haha.. mulai dari ketakutan Sensei akan hilangnya kemampuan verbal bahasa Ibu, kehilangan kemampuan written Romaji (huruf Romawi), dsb. Semua ketakutan dan resiko yang memang sudah kita pikirkan sebelumnya (atau belum ? kqkqkqk).
Waktu itu sensei berkata, ketika di rumah, gunakan bahasa Ibu, jangan sampai anak lupa, karena akan sulit kembali dalam proses adaptasi di Negara Asal. Lalu Sensei jg berkata, latihlah tulisan romawi, dan kalau bisa kurikulum lokal Indonesia agar anak tidak tertinggal ataupun sulit beradaptasi di Negara Asal kalau nanti pulang.

Terkadang saya berpikir, Sensei-Sensei disini itu lebih perhatian ke anak2x kita daripada perhatian kita ke anak sendiri. Ada masalah di sekolah, pasti Sensei Izumi duluan yang taw dan menjadi jembatan antara Orang tua dan pihak Sekolah. Pembelajaran bahasa Jepang tambahan yang diberikan, lebih dari sekedar belajar bahasa. Disana juga belajar tentang kurikulum di sekolah, dan sebagainya. Malah seperti guru BP kalo di Indonesia haha. karena pengalaman mereka berhubungan dengan anak-anak ekspat, jadi mereka bisa tahu mana anak bermasalah dalam adaptasi, dan mana yang lancar beradaptasi.

Nih gambar Pekerjaan Rumah @shafa dari Izumi.. dah dibikin 3 bagian yang dibedakan dengan warna, dibagi pula di tanggalan mengenai apa yang harus di kerjakan pada tanggal apa.. sebegitu perhatiannya mereka, sedangkan kita kadang2x kalah sama anak yang enggan ngerjain PR karena milih main. Alhamdulillah @shafa anak yang sangat by the rules banget, jadi mudah mengarahkannya.

Sebegitu perhatiannya dengan Jadwal PR
jadi kalimat ini yang selalu kami Ingat
"Anak Anda itu ke Jepang karena ikut Anda, bukan karena keinginan mereka. Jangan buat mereka berkorban untuk kepentingan Anda, Jadi bertanggungjawablah kepada keputusan Anda"
Mitamura Sensei

0 Response to "Sensei, "Ingat, Anak Anda Ke Jepang Ikut Orang Tua nya""