Latest News

Hari ini,.... Satu Tahun Lalu....

Seperti biasa, pagi pagi buka PC untuk ngecek segala kejadian di dunia saya yang lain.. dunia mba maya. Hari ini hal pertama yang muncul di beranda adalah.. Facebook Memory, ya apa yang terjadi pada tanggal ini di tahun lalu dan tahun tahun sebelumnya.

Hari ini di tahun lalu, tepatnya 28 April 2014 ada satu hal yang menarik dan menggelitik saya untuk nulis curhat lagi. Hari ini tepat setahun lalu, saya memposting tentang gambar buku "Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura" (Antologi Kisah Inspiratif Sukses Kuliah di Jepang) yang disusun dan dibuat oleh PPI Osaka-Nara (Persatuan Pelajar Indonesia Osaka-Nara).

Bukunya sendiri sangat ringan, berisi curhatan para pelajar Indonesia yang belajar di Jepang. Dari beragam bidang ilmu dan beragam latar belakang profesi, mereka ke Jepang menuntut Ilmu. Sebagian besar (if not all) adalah para penerima beasiswa ke Jepang, ada yang dari Monbukagakusho, DIKTI, jalur research, dan jalur2x lainnya.
Membaca kisah perjuangan mereka membuat kami tersadar, butuh lebih dari sekedar pintar untuk mendapatkan beasiswa, karena yang terpenting adalah semangat dan determinasi pantang menyerah untuk mendapatkannya. Menurut kami,beasiswa bukanlah untuk orang yang Pintar, tetapi beasiswa adalah untuk orang yang mampu menjabarkan kalau dia mampu dan... membutuhkan beasiswa tersebut.

Orang pintar dan cerdas pasti banyak, hanya yang mampu dan berkeinginan untuk terus berkembang ya ga banyak. Apalagi orang pintar yang menyerah begitu lihat persyaratan beasiswa,.. wah itu mah banyak banget :p. Jadi kadang suka mesem sendiri kalau ada yang mencibir atau menjadikan kami yang pergi studi lanjut dengan penuh perjuangan ini dikarenakan sekedar mencari title atau jabatan :( . Jangan samakan perjuangan para pencari dan penerima beasiswa DN-LN dengan orang yang lanjut sekolah dengan biaya sendiri, yang *mungkin* hanya demi karir yang lebih baik tapi kualitas dirinya kaga nambah.. ga malu??. Anyway, jadi curhat dah kqkqkq.. 


Beasiswa luar negeri sulit? ya memang sulit, cuma pasti mampu di raih. kalau sulit ga bisa di raih, buat apaan ada program beasiswa -_-. Beasiswa itu banyak banget, cuma sayang banyak yang ngga taw jg. kalau list Daftar Beasiswa Ke Jepang ada di link ini nih (klik aja hyperlinknya).

Anyway, back to curhat hari ini..kqkq. ya sampai 1 tahun lalu belajar dan tinggal di Jepang masih sebatas mimpi. Mimpi yang sebenarnya sudah lama sekali tertanam, dan juga sudah lama banget dirangkai supaya indah, dan lebih lama lagi adalah proses mewujudkan mimpi tersebut. Bagaimana membuat roadmap tujuan 5 tahunan, yang di breakdown ke dalam rencana tahunan, yang di break down lagi menjadi target bulanan.
 

Karena kita harus sadar, untuk mencapai sesuatu, katakanlah beasiswa ke Jepang sebagai contoh. Ga semudah hari ini kita bermimpi lulus S1, lalu tahun depan S2 ke Jepang dengan beasiswa. Begitu banyak proses, begitu banyak langkah dan rintangan yang harus disiapkan, dihadapi, dan di lewati. Seperti, apakah kamu sudah punya research proposal? apakah sudah kontrak professor? apakah kamu taw apa itu LoA? udah punya TOEFL qualified? untuk pembelajar bahasa Jepang misalnya sudahkan punya Noryokushiken N2 minimal? dsb dsb dsb.... Susun langkah, persiapkan syaratnya harus dari semasa kalian kuliah.



Asahimachi, Kanazawa 280415

Today, one year ago...
One year ago, It was just still a dream..
Today... We're living it.... We're living our dream...

4 Responses to "Hari ini,.... Satu Tahun Lalu...."

  1. Hihihi bener gan, harus punya tekad..
    Saya memang menyerah... tapi 'HANYA' menyerah untuk jalur mobusho saja, karena syarat mutlak nya saya gka terpenuhi...
    Tapi untuk melanjutkan Study ke jepang, saya gak akan nyerah !! Ganbaru !! hahaha
    -------
    Oiya mau nanya dong gan, untuk jalur beasiswa yang ada di jepang nya langsung atau beasiswa dari univ2 yang ada di jepang banyak tidak ya ?
    Ada email atau kontak yang bisa dihubungi untuk chat gan ? tapi kalo itu terlalu privasi dan tidak bisa, lewat comment juga tidak papa kok gan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini adalisting beasiswa di Jepang lengkap yang saya punya, tapi banyaknya untk yang sudah reside di Jepang sih
      http://livingkanazawa.blogspot.jp/p/daftar-beasiswa-di-jepang-terlengkap.html

      Delete
  2. Oiya satu lagi gan, itu buku "Menghidupkan mimpi ke Negeri Sakura" kalo di indonesia bisa dibeli dimana ya ? di gramedia kah ?
    Sankyuu :D

    ReplyDelete
  3. waktu itu saya beli titip ke teman, coba cari grup PPI Osaka, kali bisa di kirim message.

    ReplyDelete