Latest News

Komatsu Air Show 2015

Komatsu Air Show 2015 - Day 1 dari Silver week (21-23 September 2015) di isi dengan acara nonton pameran dirgantara di Komatsu JASDF Base (JASDF = Japan Air Self Defense Force), di kota Komatsu. Ya kota kecil di selatan Kanazawa. Masih dalam prefektur Ishikawa, namun dekat juga dengan Prefektur Fukui. Komatsu adalah kota dengan Bandar Udara Komersil terdekat ke Kanazawa, jadi kadang menjadi pilihan Airport mudik untuk warga Indonesia yang ingin pulang.

Awal dulu sih berpikir, kalo Jepang nda punya angkatan bersenjata semenjak Perang Dunia ke II, tapi ternyata kekuatan Militernya ajib juga,peringkat 8 di Dunia, sedangkan Indonesia peringkat 12. setidaknya dari yang tertera di globalfirepower.com. (sumber)
Khusus kekuatan Angkatan Udara (JASDF), menurut globalfirepower adalah sebagai berikut
 Total Aircraft: 1,613
 Fighters/Interceptors: 289
 Fixed-Wing Attack Aircraft: 289
 Transport Aircraft: 529
 Trainer Aircraft: 432
 Helicopters: 741
 Attack Helicopters: 122

Jajaran tempur dari F-15 Eagle dari US dengan variannya F-15J yang dibuat oleh Mitsubishi heavy Industries, Mitsubishi F-2 yang desain dasarnya adalah F-16 Fighting Falcon, F-4 Phantom II, F-35 Lightning II, Reconaissance Aircraft E-2 Hawkeye, Electronic Warfare plane E-1 dan YS-11 made in japan, Pesawat pengisi bahan bakar di udara KC-767 dan KC-130   

Helikopter double-wing CH-47 Chinook dan UH-60 Blackhawk legendaris yang dibuat oleh Mitsubishi Heavy Industries dengan lisensi. Selain itu juga dengan jajaran pesawat latih Jet yang sewaktu-waktu bisa berubah fungsi menjadi fighter Jet seperti Mitsubishi F-2, Fuji T-3, Kawasaki T-4 yang digunakan oleh team akrobatik JASDF bernama Blue Impulse JASDF. Kalau Indonesia punya JAT - Jupiter Aerobatic Team.

Anyway, back to the story hehe... perjalanan ke Komatsu Air Show kali ini bareng-bareng sama warga RT Asahimachi. Dari rumah kita naik bis menuju Kanazawa Eki sekitar 15 menit, lalu naik kereta local line Hokuriku ke Komatsu yang ditempuh sekitar 33 menit dengan tiket 500Yen.

JR-Hokuriku Local Line

Keluar dari stasiun Komatsu.. weleh.. haha.. ngantri untuk naik Shuttle Bis menuju Air Base, mayan lama.. dan ini kenangan pertama (akan banyak kenangan yang didominasi oleh... ngantri). perjalanan ke Air Base yang berjarak sektiar 5km mungkin ditempuh 10-15 menitan. Masuk ke Air Base, cek tas, dan cari tempat nongkrong.. haha. Btw, acara sendiri sebenarnya mulai dari pagi, dari aksi Fly by F-15, helikopter, dan sebagainya. cuma karena ktia dateng siang pas break lunch, ya langsung makan saja sambil liat2x area pameran display pesawat sambil menunggu atraksi penutup dari JASDF-Blue Impulse Acrobatic Team.

foto bentar sama Maskot Komatsu

Pesawat Tempur F-15
F-15J , F-15 versi Mitsubishi Japan

Gambar Pesawat Tempur F-2
F-2, USAF F-16 Versi Japan

Banyak stand yang menjual pernak pernik yang berhubungan dengan Militer dan Dirgantara, dan tentunya sambil lihat-lihat pesawat tempur dari dekat. Pas sedang jalan-jalan, pas pula Kawasaki T-4 yang dipakai Blue Impulse start engine... suaranya menggelegar, shafa sampai kaget.. haha. apa tuh pah??
Arena pameran crowded banget, jadi ga sempet keliling ke semua display, padahal pengen foto2x Helikopter juga, mumpung ada AH-64 Apache dari US Army yang ikut mejeng disitu.

Shafa chan tertarik untuk masuk ke C-130 Hercules Medivac, mungkin karena body nya gede, dan lagi open for public untuk lihat perlengkapan Medivac didalam pesawat. Setelah melihat dalam Medivac, pas Blue Impulse take off.. buru2x deh balik ke basecamp hehe.

Sampai di basecamp, pas banget dengan aksi Fly-by pertama Blue Impulse yang hari itu menunjukkan banyak manuver seperti Inside Loop, Outside Loop, Immelman turn, Cuban Eight, Hammerhead, dan sebagainya.. ada juga  manuver yang membentuk Love, dan Logo Ring Olimpiade dalam rangka menyambut Olimpiade Tokyo 2020.
V Formation diatas ATC

Puas menonton aksi akrobatik (ga sih sebenarnya, maish kurang).. langsung masuk antrian lagi.. yaaa.. Ngantri lagiiiii.... kali ini ngantri keluar, menuju shuttle bus yang akan mengantarkan ke Komatsu Eki. :P . ngantri panjang, laper, cape.. tapi tetep.. segitu banyak orang bisa rapih berbaris dan mengantri. Kadang berpikir.. kalo di Indonesia sih mungkin bisa juga seperti ini, rapih..tapi dompet apa aman? :v ... copeettttt... qkkqkq.

Sampe Komatsu, turun.. liat stasiun penuh, ga langsung beli tiket dah. Jalan-jalan dulu ke taman Komatsu, ya itu.. tempat display Komatsu Heavy Industries, taw kan.. backhoe, buldozer, dsb yang merk Komatsu. ya itu disini tempatnya :P, lagi lagi lihat tuh dumptruck segede bagong, kayanya yang di Freeport2x itu tuh banyak.

Bokong`e seksi.. lebih seksi dari truk Pantura

Puas anak-anak main, lanjut dah beli tiket.. et dahhh.. abisbeli tiket... Ngantri laggggiiiiiii.... kali ini bukan ngantri beli tiket, tapi ngantri masuk ke platform/peron kereta. Antrian sampe meluber keluar stasiun :v, untung ada hiburan orang main sepeda BMX di taman luar. ga bete-bete amat...dan mana laper.. (catet.. masih laper).. sampai akhirnya, boleh masuk juga ke Peron, naik kereta, lanjut ke Kanazawa.

Sampai di Kanazawa, rombongan berpisah, ada yang beli oleh2x, ada yang pulang langsung, ada yang nyasar juga mungkin, dan kita... jalan-jalan dulu, liat2x gedung kesenian, ada acara apa, foto2x, dan nongkrong menunggu bis pulang ke Asahimachi..


Sampe rumah.. oye oye sampe rumah...

Sampe rumah...cape.. :v, dan besok kita pergi lagiiii... silver week, cerah... ngacir dulu kemana mana ah.
Ciaooo.... Happy Holiday ^^V


0 Response to "Komatsu Air Show 2015"