Latest News

Tour de Gifu 2016

Milestone Tour de Gifu
Tour de Gifu 2016 (Shirakawa-go, Gujo Hachiman, Gifu Mosque) - yuhuuu... akhirnya bisa pergi juga perdana ke Shirakawa-go Lightup (walau bisa dibilang FAILED karena faktor cuaca), ikuti ceritanya yuu...
Hari ini kita rame^rame bersama Hikmah Tour and Travel :P , pergi ke Gifu, dsk. Target utama tentu saja Shirakawa-go lightup pada malam hari. Sebelum menuju shirakawa kita mampir dulu ke secondary objective yaitu gifu mosque untuk shalat dzuhur dan ashar lalu ke gujo hachiman melihat seni replika makanan dari wax ataupun plastik.

Berangkat pagi hari, Pak Matsui (Suami bu Hikmah) menjemput ke rumah.. di dalam sudah banyak gerombolan DDP yang sudah siap dengan gearnya masing2x hehe. Perjalanan dimulai menuju Gifu Mosque untuk mengejar shalat Dzuhur dan Ashar sekalian mampir beli Roti Halal brand Gifu (yang ownernya orang Indonesia juga) namanya Hanamaza Pan (Klik to FB Link). Selama perjalanan, badai salju mendera sangat keras sampai mobil terkadang terasa bergeser dari jalurnya. Kami bertanya "Pak Matsui, OK ini salju seperti ini, ga bahaya?" , dijawabnya "Sudah biasa... jadi tidak apa apa, mungkin yang tidak terbiasa ya berbahaya.."
Lanjut menembus Highway dengan jarak pandang kadang2x hanya tersisa 3 meter, dan hanya terlihat lampu Hazard mobil di depan, tanpa terlihat mobilnya... MENEGANGKAN!!
Etape 1 190km
 Di Gifu ada terowongan yang panjang banget, namanya Hida Tunnel. Ga tanggung2x, panjangnya 10 km an :v.. Uniknya, sebelum kita masuk terowongan, cuaca itu luar biasa jeleknya, badai salju dengan angin kencang yang sudah bikin ciut nyali ke shirakawa go.. eh selepas terowongan ini, terang benderang kek siang hari yang cerah dengan langit yang biru... Perjalanan lanjut ke Gifu Mosque (walau tadi kita sudah lewat shirakawa dan gujo hachiman jg..). Total perjalanan Etape 1 dari Kanazawa ke Gifu Mosque ini sekitar 190km.. jakarta bandung?

Hida Tunnel
Tiba di Gifu Mosque dengan cuaca yang cerah, langit biru, wah pokoknya idaman dah.. haha. langsung turun dari mobil... WUzzz..... dingin banget qkqkqkq. balik lagi masuk mobil pakek peralatan lengkap dari kepala sampe kaki dulu :v . cuacanya menipuuuuuuuuu......
Rencananya skalian break makan siang dari bekal yang dibawa, cm dinginnya ga kuat, terpaksa makan di dalam mobil sambil menunggu waktu dzuhur. Seusai shalat dzuhur ternyata Hanamaza pan nya nyamperin ke masjid, jadi kita ga perlu ke tokonya hehe.. :)

Selesai blanjo2x dan foto2x , perjalan di lanjutkan ke Gujo Hachiman. Etape ke 2 dari tour hari ini menempuh jarak 52km. Perjalan cerah, tapi ketika tiba di Gujo.... hehehe... salju tipis turun bak ketombe terkibas angin..
Etape 2 52km

Ada apa di Gujo? menurut saya spot ini adalah yang terbaik... lebih baik dari shirakawa (setidaknya pada tour kali ini), mengapa? baca lebih lanjut dulu :) . di Gujo kita dapat melihat sentra kerajinan replika makanan dari wax maupun plastik. It was so realll..... bahkan ada satu toko yang bikin semacam sayembara, dimana kita di uji untuk membedakan mana makanan asli dan palsu didalam kotak kaca... hasilnya.. nda ada yang perfect.. tapi saya salah 1 OK lah :) . selanjutnya biarkan foto yang berbicara.
disambut salju di Gujo
Want some steak?
floating spoon
Flying Chopstick
Itu Jeruk...
Bikin laper..
Selesai dari Gujo dalam balutan salju, perjalanan lajut ke Etape ke 3 Gujo-Shirakawa go menuju momen shirakawa-go light up, etape ke3 ini menempuh jarak hampir 90km. Sepanjang perjalanan, pesimis akan bisa menangkap momen lightup di cuaca seperti ini. Tapi tetep berdoa semga semua lancar... di perjalanan, ada sebagian ruas tol yang tertutup karena adanya kecelakaan, jadi terpaksa kita sedikit memutar keluar. Pokoknya perjalanan hari ini itu dapet bonus andrenaline rush deh haha..
Etape 3 90km
 Tiba di Shirakawa sudah mulai gelap, dan ya benar..... salju turun dengan lebat.. sangat lebat ditambah angin. walau terkadang berhenti, tetap saja... dingin dan almost impossible untuk foto2x. beberapa teman serombongan motor autofocus kameranya macet karena dingin. beruntung Lensa 24mm pancake canon saya masih bisa ok, mungkin karena kecil dan lapis plastik khas lensa murahan :P. Pergi ke atas, turun ke bawah, belok ke kiri, nyungsep ke kanan... salju dimana2x. alhasil ambil foto ala kadarnya haha..
(Ngerti kan kenapa Gujo lebih keren daripada shirakawa pada tour kali ini? ) qkkqkqkq.
sebelum nyerah
setelah ini nyerah
Selepas lelah berkeliling, kami break istirahat sambil menunggu waktu pulang. Pada rute pulang etape ke 4 yang menempuh jarak sekitar 73 km ini ternyata masih memberikan banyak kesan.. mulai dari berita penutupan tol ruas Toyama karena badai salju yang besar, hingga kemacetan akibat badai yang makin membesar. Alhamdulillah tol sampai pintu keluar Kanazawa masih sempat kita capai, walau anginnya ga kuaaattt...  itu salju hampir turun secara horizontal tertiup angin.. luar biasa menegangkan. Mengemudi di jalan tol, malam hari, angin kencang, badai salju, visibility ga sampe 5 meter ke depan.. jalan cuma bisa di tengah saja (jalur yang dilewati mobil sebelumnya), walau terkadang pak Matsui bisa overtake sekali2x, karena mobil minibus kita agak besar dan berat dibandingkan sedan atau SUV lain.

Alhasil perjalanan panjang hari ini berakhir ceria... kontest cheesecake dan chococake untuk foto terbaik didepan mata (walau ga yakin ada foto yang keren :v ). Berapa jauh perjalanan kita hari ini?
mari kita hitung *
Etape 1 Kanazawa - Gifu Mosque = 190 km
Etape 2 Gifu Mosque - Gujo Hachiman = 52 km
Etape 3 Gujo Hachiman - Shirakawa go = 89 km
Etape 4 Shirakawa go - Finish Kanazawa = 74 km
Total perjalanan pada tour de Gifu 2016 ini adalah sekitar 405km... dah sampe Semarang tuh kalau dari Jakarta :)

Berapa biaya yang kita keluarkan untuk tour ini? hanya 5000Yen..
kenapa saya bilang hanya? karena kalau sudah sering atau setidaknya pernah jalan2x di Jepang menggunakan transportasi umum mesti taw betapa mahalnya transportasi di Jepang :( . ITulah kenapa saya senang kalau ada event tour dari Hikmah travel :v , setidaknya kalau ada budget, mari kita berangkaaatttt !!!!!!

Untuk ilustrasi biaya saja bagi pembaca yang minat untuk jalan2x ke shirakawa-go via Kanazawa. Kanazawa adalah kota terdekat dan tercepat mencapai shirakawa-go. Untuk kesana bisa naik bis NOHI dari stasiun kanazawa. Untuk one trip itu adalah 1850 Yen, dan round trip adalah 3290 yen. Itu hanya sampai shirakawa-go saja ya... tapi tour kami kali ini sampai ke Gifu mosque yang jauhnya ampun :( .

Akhir kata, tour kali ini sangat memuaskan (harap dipotong bagian shirakawa-go karena faktor cuaca :P ). money well worth spent.. apakah saya akan ke shirakawa lagi tahun depan mengejar light up? kayanya cukup :v ...

Terima kasih kepada Hikmah Tour :P , pak Matsui supir handal, dan rombongan DDP ++ (y)

1 Response to "Tour de Gifu 2016"