Latest News

Presentasi tentang Indonesia di KIEF

Pictures by dr.Joko Hendarto
Fiuhh... kemarin, tepatnya 15 Juni 2016, untuk pertama kalinya setelah sekian lama berdiri kembali (tepatnya duduk sih) didepan audiens untuk presentasi. Seingat saya terakhir presentasi adalah jaman kuliah tahun 2000an, dan mungkin kalo rapat RT. Itu juga bukan presentasi, cuma sekedar laporan seksi-seksi :P.

Rabu lalu, di Kanazawa International Exchange Foundation (KIEF) di Rifare saya membawakan presentasi singkat saya berjudul Japan-Indonesia (A brief Story on Japanese Influence in Indonesia), judul berat ga sesuai isinya yang enteng kaya kapuk... Jadi awalnya saya mengajukan ke Urata sensei (sensei nihongo saya) untuk jadi volunteer, terserah volunteer kegiatan apalah. Ternyata di followup oleh beliau ke KIEF dan waktu itu diberikan pilihan 2, 1 cooking event dan presentasi tentang Indonesia dalam bahasa Inggris or Japan. Whatt??? cooking didepan emak2x Japan? ga deh haha.. pass.. dan karena dah apply, so setuju aja deh ama presentasi. Apalagi tahun lalu jg ada mahasiswi Indonesia yang presentasi di KIEF.

Awalnya bingung bahan apa yang harus dibawakan. Menurut Hirose san dari KIEF, ceritakan saja tentang Jakarta, tempat dimana saya lahir. Beliau jg bilang, tolong jangan tempat wisata standar ya dan juga jangan angka2x dan grafik ya.. itu di google jg banyak :v . Haduh.. haha.. apalagi yang harus diceritakan. So setelah konsultasi beberapa kali, akhirnya saya pilih beberapa tema diantaranya adalah :
  • Perkembangan commuter line dari jaman saya dulu jadi pelanggan setia naik dimana aja asal sampe sekolah hingga sekarang yang sangat teratur. Dan itu terjadi karena sejak tahun 2000, Japan melalui JR-East mengirimkan total 500 gerbong bekas ke Indonesia, dan pengiriman terakhir Januari 2016 ini.
  • cerita singkat tentang Indonesia, ribuan pulau, 300 etnik, 700 bahasa, dengan beragam budaya.
  •  Jakarta chikatetsu (subway) yang sedang ongoing di jakarta untuk phase 1 (tentunya bantuan Jepang juga)
  • Nihon no Bunka (kebudayaan jepang di Indonesia). Saya menceritakan tentang nihon matsuri di kota2x besar Indonesia, apa yang ada di nihon matsuri itu, dsb
  • Japanese cuisine di Indonesia, dari marugame, izakaya, beragam sushi, sampe yang all time greatest Hoka Hoka Bento.
  • Beberapa orang Jepang yang terkenal di Indonesia seperti Haruka Nakagawa, Hiroaki Kato dan Chef Harada.
  • dan juga bercerita sedikit tentang Nurse dan Careworker yang dikirim ke Jepang. Bahan yang saya ambil adalah dari platform resmi IJEPA (Kerjasama ekonomi Indonesia Jepang) bukan dari jalur2x nakal yang mungkin ada.
Well so little time with so many things to tell.. :)
Atensi yang luar biasa, tawa2x dan senyum audiens ketika diputarkan video cuplikan dari acara TV Jepang tentang keramahan orang Indonesia really makes my day. Di akhir acara ada sedikit sesi tanya jawab, beberapa yang saya ingat coba saya tuliskan.
  1. Terima kasih atas presentasinya, tentang kereta Jepang di Jakarta itu adalah hal baru bagi saya. Namun saya ingin menanyakan, mengapa Indonesia lebih memilih China dari Jepang untuk kereta supercepat Jakarta-Bandung? saya pikir pengaruh China terlalu kuat di Indonesia.
    Jawab : (Orang ini pasti sudah studi pustaka :) ). Saya pikir jika anda menanyakan ke saya, dan mungkin sebagian besar orang Indonesia, maka jawabannya akan sama. Kami juga menyesalkan keputusan tersebut, percayalah. Namun itulah politik pemerintahan, sama seperti di Jepang. Kita hanya bisa mengira2x motifnya tanpa bisa tahu maksud sebenarnya. Tapi terakhir saya dengan project kereta cepat (bukan supercepat) Jakarta-Surabaya akan diberikan ke Jepang loh.
  2.  Hallo, saya sering bertemu dan melihat orang Indonesia di Kanazawa atau di media. Ada yang memakai kerudung, baju panjang, tertutup, dan ada juga yang tidak. Ada yang minum alkohol, ada jg yang tidak, jadi sebenarnya bagaimana muslim di Indonesia itu? apakah tidak mengganggu hubungan "friendship" diantara kalian?
    Jawab: (ini sungguh pertanyaan berat, saya harus berpikir bagaimana menjelaskan Indonesia terkait dengan Islam, tanpa harus membuat mereka takut duluan dengan Islam). Begini, jika ibu ke Indonesia dan sampai di Bandara maka akan berbeda dengan contohnya di Saudi Arabia. di Indonesia mungkin akan berpikir, ini negara muslim terbesar tapi yang pakai jilbab lebih sedikit? kenapa?
    Jadi, Islam mengatur tidak hanya hubungan antara manusia dengan tuhan, tetapi manusia dengan manusia dan alam. Agama sebagai suatu sistem yang kompleks. Memakai jilbab atau tidak itu adalah pilihan setiap individu sendiri, dan pertanggungjawaban dia dengan tuhannya. sebagai sesama manusia (muslim), saya hanya bisa menyarankan dan menunjukkan jalan yang terbaik, tidak boleh memaksa. Dan apakah itu akan mengganggu hubungan "friendship" saya dengan orang itu? tentu tidak.
    (semoga jawaban ngeles saya ini tidak keliru dan menyesatkan :( )
  3. Hi, saya punya teman.. kalau muslim itu berdoa 5x sehari ya?
    Jawab : Iya benar 5 x sehari yang mandatory, ada juga yang tidak mandatory :)
  4. Hallo, Indonesia ada 700 bahasa, itu sehari2x gimana kalau ketemu? ga ngerti satu sama lain kah?
    Jawab: jadi bahasa daerah ada 700an, tapi semua orang Indonesia memiliki bahasa nasional Bahasa Indonesia.
  5. Jadi orang Indonesia setidaknya mampu 2 bahasa? di sekolah belajar pakai bahasa apa?
    Jawab : Iya, keren kan.. bilingual.. kadang trilingual juga. Di sekolah pakai bahasa Indonesia, namun juga belajar bahasa daerah dimana sekolah itu berada.
  6. Saya bingung dengan orang Indonesia, saya punya teman Indonesia, dan setiap bertemu dengan orang Indonesia lain di jalan baik yang sudah kenal maupun belum tampaknya mereka sangat akrab. Selalu tersenyum, ngobrol dan seperti sudah kenal lama. Kami Jepang tidak seperti itu.
    Jawab: Itu misteri... tapi seperti itulah orang Indonesia. Sebagai contoh jika saya pergi ke kenrokuen atau kanazawa castle dan bertemu orang Indonesia, biasanya kami saling sapa, setidaknya saling senyum. Bahkan ke orang Jepang pun kami biasa senyum. Indonesia sebagian besar muslim, dan muslim diajarkan bahwa "the easiset way of going good deeds is smile... just a simple smile", maybe that`s the answer why.
dan beberapa pertanyaan lain setelah sesi tanya jawab, seperti tentang sekolah di Indonesia, pelajarn seperti apa, masuk sekolah jam brapa, umur brapa. Atau tentang wisata ke bali, yogya, dsk.

Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa untuk bisa mempresentasikan tentang Indonesia yang sedikit out of the box. Hirose san dari KIEF berkata bahwa banyak feedback  yang masuk dan rata2x mereka merasa baru mengetahui tentang apa yang saya jabarkan kemarin.
- “ I wanted to participate this event, because I meet many Indonesian people in Kanazawa, now I could understand what kind of country of Indonesia is.”
- “ I am eager to travel to Indonesia after hearing Dawa san’s story.”
- “ I am going to try to learn Indonesian language”
- “ I became more interested in Indonesia and Muslim culture."
Di dalam artikel ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Hirose san dan Kitagawa san dari KIEF  yang telah membuat acara ini, lalu para sensei KOSMOS Izumi (volunteer pengajar bahasa Jepang), Urata san, Wataya san, Murata san, Ebi san, dkk. tidak lupa juga kepada teman exploring Kanazawa yaitu Asada san, Kanamori san, dkk. lalu Koguma san dari Tamagawa Children`s Library yang menawarkan untuk storytelling dalam bahasa Indonesia untuk anak Jepang dalam beberapa waktu ke depan dan juga seluruh audiens lain yang saya lihat beragam dan tak saling mengenal. Ada yang berjas dan berkoper seperti baru pulang kerja, ada anak SMA, ibu2x dan obaachan  yang sangat ramah tapi saya lupa namanya :( . Minna san Arigatougozaimashita....

Beberapa cuplikan video yang saya putar





1 Response to "Presentasi tentang Indonesia di KIEF"