Latest News

10 Oktober adalah Taiiku no Hi atau Hari Olahraga di Jepang

Happy.. dapet raket dan balon air
10 Oktober adalah Taiiku no Hi atau Hari Olahraga di Jepang - weh memang kalau liat tanggalan orang Jepang itu merahnya sedikit ya, tapi sekalinya merah, hari perayaannya lucu2x.. ada Umi no Hi (Hari Laut or Maritime day), Yama no Hi (Hari gunung), Taiiku no Hi (hari olahraga), dan no Hi no Hi lainnya :3

10 oktober diperingati sebagai Taiiku no Hi atau Sports Day dalam bahasa Inggris, atau Hari Olahraga dalam Bahasa Indonesia. Pada kesempatan tahun ini kami sekeluarga menyempatkan diri untuk merayakan Hari Olahraga di puncak gunung (red: bukit atau gundukan tanah agak besar) di Okutatsuyama. Pertama tertarik karena melihat brosur kegiatannya, wah kayanya banyak kegiatan yang bagus untuk anak^anak ini. Ya memang kalau sudah punya anak tuh segala sesuatu pasti dipikirkan yang terbaik untuk anak, mau jalan2x jg kepikirannya ya buat anak mulu.

Pagi pagi dah bersiap, pukul 9 langsung jalan menuju Okutatsuyama yang berjarak sekitar 3-4km dari kediaman kami di Asahimachi. perjalanan menanjak sekitar 30 menitan dari rumah melalui perumahan, jajaran pohon bambu, kuburan Jepang, padang golf sampai akhirnya tiba di spot kegiatan. acara resminya dibuka pukul 10, tetapi dari jam 10 kurang sudah ramai antrian untuk mendapatkan souvenir gratis. Ya souvenir disediakan gratis bagi pengunjung, ada sepasang raket, baseball bat dan bolanya (plastik), nawatobi (skipping buat lompat tali), bubble soap, mainan tradisional seperti kendama, dan entah apa namanya. Selain itu juga dipintu masuk diberikan bunga gratis beserta potnya :).

Pertama-tama kita nonton opening dulu oleh Taiko anak2x, lalu langsung cari stand yang menarik. Stand pertama yang didatangi adalah stand mencari jejak, dimana kita keliling taman mencari spot khusus yang ada pertanyaan yang harus dijawab. lumaan dari 7 pertanyaan salah 1 aja.. dan itu tentang dongeng Jepang yang gataw tentang apa haha..
selanjutnya Shafa tertarik dengan Ninja Course, semacam jalur untuk ujian fisik, dari lari, merangkak, melompat, keseimbangan, dan kecepatan.. ini sampe nambah 2x ikutan :3.
Arigatou Obaachan... persiapan melacak jejak

Gagak mari kemari....







Selain kegiatan2x tersebut, banyak kegiatan lain yang tersedia disana, ada yang bermain layangan, bermain di playground, outbound mini, dsb. Setiap stand menyediakan hadiah sendiri, atau membuat suatu karya untuk dibawa pulang. Seperti stand kerajinan dari ranting kayu untuk pigura, atau kerajinan dari biji2xan khas musim gugur, ataupun bagi yang suka mekanikal bisa mengenal teodolit,  bisa naik traktor dan berfoto gratis.. setelahnya malah bisa dapat miniatur tractor dari Tomica yang harganya lumayan lah.





Selain kegiatan, disana juga banyak stand jualan. Dari jualan apel seharga 500Yen semuatnya (sekantong plastik), anggur 1000 Yen, ataupun bento, mug, mangkok yang semuanya made in Japan (biasanya china) seharga 100-300 yen saja (kami borong hehehe).



tak terasa dari pukul 9 berangkat dari rumah, sampai pukul 2 baru kembali menuju rumah.. ehhh tapi ehh tapi... pas mau sampai rumah malah ketemu Festival di taman Udon deket rumah. Festival ini sangat terkenal karena apaaa???? ya ini Morinosato Shoten kai... festival yang diadakan oleh perusahaan2x sekitar Morinosato, dari agen Urbanhome, Noka, Toko Wagashi, Aeon, Bank dsb.. so... hadiah BINGO nya luaaaar biasaaahhh...
Hadiah dari selampe, handuk, coffemaker, Sepedah, sampe yang nilainya 10rb yen ada. sayang kami ga beruntung, padahal dah ambil bingo banyak hahahah.






Anyway, benar benar hari yang melelahkan, tapi sangat memuaskan :), terutama bagi shafa yang sangat suka kegiatan luar ruangan. sekarang masuk musim gugur, musim dingin menjelang... di kala Winter, semua kegiatan mesti indoor... libur dulu olahraga outdoornya..

0 Response to "10 Oktober adalah Taiiku no Hi atau Hari Olahraga di Jepang"